Kontingen Banten yang Ketiga Melintas di Podium Utama Pembukaan PON XX Papua, Wagub: Selamat Bertanding!

0
7

HASTAGNEWS, JAYAPURA – Kontingen Provinsi Banten menjadi rombongan ketiga yang melintas di podium utama acara pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX PAPUA di Stadion Lucas Enembe Jayapura, Papua, Sabtu (2/10) sore waktu setempat. Dengan anggota kontingen putri mengenakan pakaian adat Baduy Luar, mereka melintas di podium utama setelah kontingen Aceh dan Bali.

Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy bersama istri, Adde Rosi Choerunnisa, tampak menghadiri acara tersebut di salah satu tribun utama tempat para kepala daerah provinsi ditempatkan panitia untuk menyaksikan acara tersebut. Tampak bersama Andika dan istri, Ketua KONI Banten Rumiah Kartoredjo, Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Banten Marang dan Plt Kepala Dinas Pemuda & Olahraga Banten M Syaukani.

“Selamat bertanding, kami bersama seluruh masyarakat Banten mendoakan agar kontingen kita dapat mengharumkan nama daerah,” kata Andika usai mengikuti acara.

Namun demikian, Andika menekankan agar kontingen Banten juga tetap menjunjung sportivitas saat bertanding dalam setiap cabang olahraga yang dipertandingkan di ajang tersebut. Andika juga berpesan, agar anggota kontingen juga menjaga nama baik Banten selama berada di tanah Papua. “Saya pesan agar teman-teman kontingen Banten dapat memberikan kesan yang baik tentang Banten kepada suadara-saudara kita warga Papua dan juga kepada saudara-saudara kita dari kontingen daerah lain,” kata Andika.

Sebelumnya dalam acara yang dibuka secara resmi oleh Presiden RI Joko Widodo tersebut, Andika dan istri juga sempat memberikan semangat kepada kontingen Banten saat melintas di depan tribun tamu dimana Andika dan istri menonton. Saat itu, kontingen Banten sedang berjalan turun dari podium utama. “Banten, angkat tangannya!” kata Andika seraya mengabadikan momen tersebut dengan kamera handphonenya. Pompaan semangat dari orang nomer dua di Banten itu pun kontan membuat anggota kontingen Banten bersemangat dengan melambai-lambaikan tangannya ke arah Andika dan istri.

Ketua KONI Marciano Norman dalam laporan panita pelaksana PON XX Papua dalam acara pembukaan tersebut memaparkan PON XX Papua 2021 diikuti 34 kontingen dari 34 provinsi di Tanah Air dengan jumlah atlet mencapai 6,116 atlet tamu dan 923 atlet tuan rumah Papua.

Marciano mengatakan ada 37 cabang olahraga yang dipertandingkan yang terdiri dari 56 disiplin dan 681 nomor pertandingan. Para atlet tersebut memperebutkan masing-masing 681 medali emas dan perak serta 877 medali perunggu.

“Penyelenggaraan tersebar di empat klaster meliputi Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke,” ungkapnya.

Acara pembukaan itu sendiri berlangsung meriah dan bertabur bintang. Sejumlah artis ternama Indonesia mengisi upacara pembukaan PON Papua, mulai dari Tulus, Ruth Sahanaya, Nowela Elizabeth Auparay, Edo Kondologit, Trio Papua, hingga Paduan Suara Gema Chandra Universitas Cenderawasih. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here