Atlet Paralayang Banten Sukses Raih Prestasi Maksimal di Pra PON

0
11

HASTAGNEWS SERANG – Cabang olahraga (cabor) paralayang menorehkan tinta emas bagi Banten di ajang Prakualifikasi Pekan Olahraga Nasional (Pra PON). Di mana mampu meloloskan banyak atlet ke PON XX/2020 Papua.

Pada pertandingan yang berlangsung di Sumedang, Jawa Barat, akhir pekan lalu, Banten memastikan tiket untuk 14 orang. Mereka adalah Agus salim, Ari Prayogo, Irvan Winarya, Aris Afriansyah, Risman Supriadi, Samto Manguncipto, Mulyana, M Hasan Mustofa, Eman Suherman, Rizky Maulana, Asep Maryana, Kevin D K, Renita Dewiva, dan Novia Desinta.

“Semuanya berhasil menduduki peringkat tiga besar baik di kategori ketepatan mendarat, akurasi, dan lintas alam jarak terbatas. Perorangan maupun beregu. Syukur Alhamdulillah banyak dapat kuota,” papar Ketua Umum Pengurus Provinsi (Pengprov) Paralayang Banten, Asep Renggana, kepada awak media, Rabu (2/10/2019).

Capaian pun, kata dia, memenuhi target yang dibebani KONI Banten kepada paralayang. Yakni harus berada diurutan tiga besar Pra PON, baru bisa dikirim ke Papua tahun depan. “Banten itu diakhir perlombaan berada di bawah Jawa Timur (pertama) dan Jawa Tengah (kedua),” ucapnya.

Pria yang kerap disapa Areng menceritakan, awalnya tidak yakin semua atlet yang tampil di Pra PON bisa mendapat tiket. Soalnya, ada beberapa atlet yang baru pulang dari Kejuaraan Dunia di Serbia.

“Seperti Irvan Winarya dan Aris Afriansyah. Jadi kondisinya masih kurang bugar. Saat akan bertanding, saya lihat psikologisnya juga kurang oke. Tapi untungnya begitu terbang, semuanya sirna. Mereka mampu tampil all-out demi Banten tercinta,” tuturnya.

Usai Pra PON, pria yang juga pengurus di KONI Kota Serang tersebut menyampaikan, akan segera melakukan evaluasi menyeluruh. Terkait apa saja kelebihan dan kekurangan atlet Banten. “Semuanya dilakukan demi medali emas di Papua. Terus terang, kami memiliki ambisi untuk dapat mempersembahkan emas untuk Banten di pesta olahraga terbesar di Indonesia itu,” tekadnya.