Tepat Pukul 00.00, Wagub Banten Ikuti Renungan Suci di TMP Ciceri

0
8

HASTAGNEWS SERANG – Upacara apel renungan suci dalam rangka HUT RI ke-74 tingkat Provinsi Banten dimulai tepat pukul 00.00 WIB, Sabtu (17/8) dini hari di Komplek Taman Makam Pahlawan Ciceri, Kota Serang. Dari pihak eksekutif Pemprov Banten, hadir Wakil Gubernur Andika Hazrumy dalam prosesi apel yang diinspekturi oleh Komandan Korem 064 Maulana Yusuf Kolonel Inf Windiyatno tersebut. Sementara dari pihak legislatif Provinsi Banten, hadir Ketua DPRD Banten Asep Rahmatullah.

“Kami menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keridaan, keikhlasan, dan kesucian pengorbanan para pahlawan dalam mengabdi kepada perjuangan demi kebahagiaan nusa dan bangsa. Kami bersumpah dan berjanji, perjuangan para pahlawan adalah perjuangan kami pula dan jalan kebaktian yang ditempuh adalah jalan kami juga. Kami berdoa, semoga arwah para pahlawan diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa di tempat yang sebaik-baiknya,” kata Danrem membacakan ikrar dalam upacara tersebut.

Acara berlangsung khidmat, dimulai dengan penghormatan pasukan kepada arwah para pahlawan di TMP Ciceri yang dipimpin oleh Komandan upacara Mayor Inf Ferry Ardian dari Korem 064/MY. Pasukan yang melakukan penghormatan senjata berasal dari perwakilan seluruh kesatuan TNI/Polri di Banten.

Usai itu, lampu di TMP Ciceri dimatikan untuk kemudian penerangan diganti dengan obor-obor yang dipasang di sekitar area upacara. Dalam suasana khidmat tersebut, Danrem selaku inspektur upacara membacakan ikrar renungan suci. Sejurus kemudian, Danrem memimpin pengheningan cipta bagi seluruh peserta upacara. Setelah lampu-lampu dinyalakan kembali, upacara pun diakhiri dengan kembali komandan upacara memimpin penghormatan pasukan kepada para arwah pahlawan.

“Memang (apel renungan suci) ini sesuatu yang rutin kita lakukan setahun sekali untuk mengenang jasa para pahlawan. Setiap kali saya selalu merasa takdzim atas jasa para pahlawan, dan itu membuat semangat kembali berkobar untuk berusaha sekuat tenaga membangun daerah mensejahterakan warga Banten,” papar Andika kepada pers usai apel.

Untuk diketahui, apel renungan suci ini adalah salah satu rangkaian dari peringatan HUT RI setiap tahunnya di semua tingkatan pemerintahan di Indonesia. Secara berturut-turut, rangkaian biasanya dimulai dengan tasyakuran bersama para pejuang perintis kemerdekaan veteran serta pengukuhan pasukan pengibar bendera yang digelar pada H-2.

Selanjutnya pada H-1, digelar rapat paripurna DPR/DPRD mendengarkan pidato kenegaraan Presiden menyambut HUT RI pada pagi harinya. Sore hari rangkaian dilanjutkan dengan apel taptu oleh TNI/Polri dan dirangkaikan dengan pawai obor yang juga diikuti oleh unsur masyarakat. Setelah itu, pada malam harinya digelar apel renungan suci oleh TNI/Polri yang diikuti oleh unsur pemerintahan. Puncaknya, HUT RI akan diperingati dengan upacara pengibaran bendera pada pagi hari dan penurunan bendera pada sore harinya. (redaksi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here