Amankan Mudik, Polda Banten Kerahkan 2.122 Personel

0
2

Serang – Kepala Kepolisian Daerah Banten Inspektur Jenderal Tomsi Tohir mengatakan, untuk mengamankan arus mudik lebaran 2019, Polda banten akan menerjunkan sebanyak 2.122 personel. Jumlah tersebut hampir dua kali lipat dari jumlah personel yang dikerahkan pada pengamanan mudik lebaran tahun lalu yang hanya sebanyak 1.775 personel.

“Personel yang kita kerahkan dalam rangka Operasi Ketupat, untuk Polrinya sendiri 2.122, TNI 450 personel, kemudian ada juga gabungan Dishub, PU, Dinkes, Orari ada SAR, dan ASDP,” ujar Selasa, 21 Mei 2019.

Menurutnya, dalam pemantau arus mudik, Polda Banten akan mendirikan pos pos pemantauan arus mudik. Selain pengaturan lalu lintas di pos tersebut, juga disiapkan sejumlah tenaga medis untuk melayani pemudik yang mengelami kelelahan atau kecelakaan ringan, sebagai pertolongan pertama.

“Pos pelayanan ini dibagi dua, ada pospam dan pos pelayanan. Jumlahnya untuk pos pelayanan ada 7, dan untuk pospam jumlahnya cukup banyak yaitu 38. Karena selain dalam kota, juga tempat-tempat wisata,” ujarnya.

Tomsi memprediksi arus mudik pada tahun 2019 ini akan mengalami lonjakan yang cukup signifikan yaitu sekitar 15 persen dari tahun sebelumnya. Ada beberapa faktor yang menjadi penyebabnya, yaitu harga tiket pesawat yang mahal dan akses tol di Sumatera sudah bisa dilewati pemudik.

Sementara itu, Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy menyatakan, pengamanan jelang musim mudik lebaran perlu mendapat dukungan dari semua pihak. Selain menjadi tradisi tahunan seluruh masyarakat, lebaran kali ini juga memiliki dinamika yang kompleks karena bertepatan dengan momentum Pemilu serentak 2019. “Jadi perlu konsentrasi dan kewaspadaan untuk menciptakan kondusivitas dan ketertiban masyarakat Banten,” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here