Bapenda Banten Incar Sistem Pembayaran Pajak Lewat E-Commerce

0
12

Serang –Pemerintah Provinsi Banten melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) kembali berinovasi dalam mempermudah masyarakat untuk membayar pajak kendaraan bermotor. Setelah sukses membangun kerjasama dengan minimarket Alfamart dan Indomart dalam hal pelayanan pajak kendaraan bermotor (PKB), kini Bapenda Banten sedang membidik sistem perdagangan elektronik atau yang akrab dikenal dengan istilah e-commerce.

“Bekerjasama dengan berbagai e-commerce yang saat ini kerap digunakan masyarakat,” ujar Kepala Bapenda Provinsi Banten Opar Sohari, Senin, 13 Mei 2019.

Menurut Opar, dengan kecanggihan dan kemajuan teknologi saat ini, aktifitas transaksi masyarakat semakin dipermudah. Untuk berbelanja kebutuhan saja masyarakat saat ini banyak menggunakan aplikasi belanja online, masyarakat tidak perlu lagi keluar rumah, semuanya bisa dilakukan melalui telepon genggam.

Kecanggihan teknologi itu menjadi potensi yang sangat bagus untuk menggenjot PAD. Untuk membayar pajak, masyarakat tidak lagi harus keluar rumau, cukup melalui telepon genggam dengan mengakses aplikasi layanan berbasi online yang telah banyak digunakan

Menurutnya, di era digital seperti saat ini, pembayaran pajak bisa dilakukan melalui situs jual beli online atau e-commerce seperti Bukalapak atau Tokopedia. “Karena Pemprov Banten sekarang ingin warganya enggak perlu repot,” katanya.

Nantinya, dari channel elektronik e-commerce maupun retail modern, pembayaran tersebut akan diproses oleh Badan Pendapatan Daerah Banten. Lalu, pengguna menukarkan bukti bayar itu dengan Surat Ketetapan Pajak Daerah (SKPD) di seluruh Samsat di wilayah banten.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here